Tuesday, July 22, 2014

Tips Saat Kesepian





Siapa sich yang gak pernah ngerasa kesepian? Apalagi kalo lo jomblo (ayo ngaku kalo lo kesepian tiap malem minggu ;p ), atau mungkin lo ngekos (terutama saat akhir bulan lo belum dapet kiriman n gak bisa kmana-mana), atau lo libur kuliah (dan lo gak punya temen lain), atau jauh dari keluarga.

Nach, berdasarkan informasi yang gw baca dari wikipedia, Kesepian adalah keadaan emosi dan kognitif yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak dapat mencapainya. Individu yang tidak menginginkan teman bukan orang yang kesepian, tetapi seseorang yang menginginkan teman dan tidak memilikinyalah orang yang kesepian.

Kalo kata orang tua dulu sich, jangan suka ada atau lewatin tempat sepi, itu berbahaya loh! Misalnya lewatin kuburan malem-malem pas malem jumat kliwon; lo bisa kesambet cuy!, atau mungkin cari kunang-kunang di rawa ujung desa yang bisa bikin lo ikutan nyemplung ke rawa dan jadi teman favorit para kodok, atau mungkin lo diem di taman entah mana buat donorin darah ke nyamuk-nyamuk.. intinya sich, tempat sepi itu sesuatu banget..

Coba dech kita pikir, kalo tempat sepi aja berbahaya, apalagi kalo sepi nya thu berasal dari dalam diri sendiri, bisa lebih berbahaya pastinya! 
Kemungkinan lo bakal neting abis, perlu stok tisu buat kalo lo nangis, makan banyak dan bikin lo gagal diet, or having bad mood dan nyakitin orang-orang di sekitar lo.

Meskipun susah buat mikir positif saat kita kesepian, bukan berarti kita gak perlu usaha untuk move on dari kesepian itu. Berikut beberapa hal yang bisa dilakuin saat kesepian:

1. Dengerin musik upbeat

Mungkin lo adalah tipe orang romantis or melankolis dan bukan pecinta musik upbeat, tapi dengerin lagu-lagu Sammy Simorangkir bakal bikin lo tambah menghayati kesepian lo (gw aja bisa ngerasa sedih banget pas dengerin dia nyanyi; he has a great voice and I admire him). Coba dech buka youtube playlist lagu upbeat terbaru yang bikin lo bisa sedikit jingkrak-jingkrak. Tapi inget, jangan setel kenceng-kenceng banget juga kalo lo gak mau disamperin para tetangga, hehehe..

2. Baca cerita lucu
Lo bisa bookmark http://9gag.com/ di hp lo atau cari komik-komik lucu. Lo cuma perlu kuota buat googling jutaan cerita lucu lain yang pastinya bisa bikin senyum indah lo menghiasi wajah ganteng dan cantik lo.

3. Menulis
Kalo 140 karakter di twitter kaga cukup buat mengekspresikan kegalauan dan kesepian lo, try blogging. Walopun mungkin saat lo nulis, thu keyboard bakal jadi sasaran hentakan emosi lo, tapi at least lo bisa ngungkapin perasaan lo melalui tulisan saat lo gak bisa ngungkapin lewat kata-kata. 

4. Cari temen baru
Ketika lo pikir bahwa gak ada seorang pun yang peduli, gak ada seorang pun yang bakal ngerti, mungkin uda saatnya lo cari temen baru. Lo juga cukup search di google: cari jodoh, cari teman dan gw jamin bakal ada banyak banget makhluk-makhluk yang bernasib sama jomblonya kesepiannya kayak lo, yang mencari temen dan jodoh. Hal ini pun gw lakuin pas hari jumat kemaren, dan sekarang gw masih sms an ama seorang stranger yang nun jauh di Magelang sana #curcol

5. Break the routine, do something different
Coba dech lakuin suatu hal baru diluar kebiasaan lo, misalnya manjain diri ke salon, beli makanan mahal, beli DVD Thailand yang lucu, beli boneka lucu buat lo maki-maki atau lo peluk, ganti gaya rambut, selfie di tempat yang gak lazim, comment blog orang, keliling Jakarta naik busway sambil ngamatin para penumpangnya dan bayangin kira-kira gimana ya kehidupan sehari-hari mereka..

At the end, jangan sampe bunuh diri gara-gara kesepian karena biar gimanapun, there must be someone out there that loves you the way you are :)







4 comments:

  1. Nonton film festival adalah yang paling bisa menanggulangi kesepian atau baca buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, sayang yach karena jarang banget ada film festival :)

      Delete
  2. tambahan kak... nonton film sama baca buku juga :D sekaligus kalo cowok main PS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka nonton sendiri kalo lagi iseng, hehehe... sebenernya pengen nyoba main game, tapi agak takut kecanduan ;p

      Delete